3 Cara Bagaimana Cara Mendeteksi Penipuan Bitcoin Sebelum Berinvestasi

Saat ada aset finansial yang booming, selalu saja ada penipu yang berusaha memanfaatkan kesempatan tersebut untuk meraih keuntungan pribadi. Mata uang virtual Bitcoin juga terdampak masalah ini. Sebagai mata uang kripto, nilainya tidak dijamin oleh lembaga negara seperti OJK misalnya. Terlebih infrastrukturnya berupa bahasa pemrograman dimana sedikit orang yang benar-benar paham.

Karena hanya sedikit dari mereka yang mengerti bagaimana Bitcoin dijalankan, akan ada kerentanan bagi mereka yang baru terjun di bisnis ini. Apalagi media sosial kian menjadi lahan subur pemasaran gratis bagi penipuan yang berlandaskan bitcoin.

Cara Untuk Mendeteksi Penipuan Bitcoin

Cara Untuk Mendeteksi Penipuan Bitcoin
Secara alami, mereka yang ingin berspekulasi dengan Bitcoin berharap nilai mata uang ini akan selalu meningkat, namun pastinya ini tidak mungkin terjadi. Mata uang kripto sangat rentan nilainya dan hanya sedikit yang tahu akan hal ini.

Berikut adalah 3 cara mendeteksi penipuan yang berlandaskan Bitcoin sebelum kamu memutuskan untuk berinvestasi dengan modal yang signifikan.

Awas Malware

Awas Malware dalam urusan Bitcoin
Bitcoin sering kali menjadi pancingan agar kamu mengunduh beberapa software yang bisa merusak komputer kamu. Awas peringatan unduhan yang muncul dari pop-up yang tidak kamu kehendaki, biasanya bukan aplikasi resmi dan rentan malware. Jangan sembarangan klik link unduhan atau link dari media sosial yang bisanya mengarahkan ke situs gratisan, tidak menggunakan HTTPS atau domain yang diperpendek seperti yang paling populer Bitly.

Pengunjung akan diarahkan untuk mengunduh aplikasi bermalware, dengan iming-iming Bitcoin. Dalam kesempatan lain, penipu membuat survey Bitcoin palsu dengan tujuan serupa.

Keuntungan Ganda

Keuntungan berganda dalam pelaburan Bitcoin


Penipuan jenis ini menawarkan pertukaran Bitcoin instan dengan uang tunai setelah kamu membayar komisi bagi pemilik situs. Atau di lain kasus, menawarkan dua kali lipat investasi yang kamu miliki dalam semalam.

Namun pada akhirnya selalu saja janji-janji tersebut tidak ditepati, dan Bitcoin atau komisi yang sudah kita transfer sebelumnya, diambil dan tidak kembali lagi. Penipu berhasil dikarenakan mereka sukses menawarkan janji ini ke ribuan orang lewat media sosial. Memang mayoritas dari mereka tidak tertipu, namun pasti ada sebagian kecil yang akhirnya harus kehilangan Bitcoin mereka.

Kamu harus mengerti bahwa kekayaan itu tidak bisa muncul dalam satu malam. Melainkan lewat proses. Nilai Bitcoin juga demikian. Jika harga Bitcoin naik dengan cepat dalam satu hari, bukan tidak mungkin hal yang serupa terjadi, dimana nilai Bitcoin jatuh dalam durasi yang sama.

Kamu harus melihat Bitcoin sebagai aset investasi, dengan pemahaman bahwa nilai volatilitas tinggi. Dimana berarti pergerakan naik turunnya tajam. Nilai aset yang kamu miliki adalah nilai fundamental dari Bitcoin itu sendiri.

Skema Piramida Bitcoin

Skema piramida Bitcoin
Penipuan ini lebih sulit untuk kita cerna dalam sekilas, bukan seperti penipuan sebelumnya. Namun hasilnya tetap sama, penipu pada akhirnya mendapatkan Bitcoin hasil curian karena transfer yang kita lakukan.

Mereka mencoba menerapkan ide investasi beresiko dan pemasaran piramida selayaknya MLM. Dana investasi kecil kamu di awal bisa naik berkali-kali lipat dengan mengajak anggota baru lewat sebuah link. Nantinya, akan ada ratusan korban lainnya yang harus bergabung dengan skema ini. Pada akhirnya penipu paling awal akan pergi dan mengambil keuntungan dari sana, dan anggota lainnya akan menggantung dan rugi.

Bagaimana Cara Melindungi Akun Kamu

Lindungi akun Bitcoin
Seperti halnya banyak penipuan mengatasnamakan modul cepat kaya, penipuan Bitcoin tampaknya semakin marak dengan mudahnya korban untuk dimanipulasi. Hanya karena Bitcoin adalah mata uang digital, bukan berarti kamu bisa mendapatkan kekayaan besar dalam semalam. Berikut beberapa cara untuk menghindari penipuan Bitcoin:

  1. Jangan percaya siapapun yang mengklaim bahwa mereka bisa menambang Bitcoin begitu saja. Sekali lagi, mata uang kripto sangat bermanfaat bagi pangsa kriminal online karena mereka juga sependapat bahwa nilainya sangat sulit dimanipulasi
  2. Hindari URL yang mengarahkan ke akun media sosial dengan iming-iming yang terlalu tinggi
  3. Jangan pernah transaksi Bitcoin atau keuangan apapun lewat pesan langsung di media sosial atau forum online

Semoga dengan pembahasan 3 cara mendeteksi penipuan Bitcoin ini kamu bisa melindungi akun Bitcoin yang kamu miliki dari pihak tidak bertanggung jawab. Selalu ingat kekayaan tidak bisa diraih dalam semalam. Semua butuh proses, termasuk Bitcoin.


Post a Comment

1 Comments

Komen adalah tanggungjawab anda. Sebarang komen yang ditingalkan tertakluk pada Akta 588 SKMM. Komenlah dengan nada ilmiah, dan lakukan dengan niat yang murni. Untuk pengiklanan, boleh email ke editor@hasrulhassan.com