Apa Itu Hosting? Nah .. Ini Dia Penjelasannya

AI Trade
Apakah anda sering membaca istilah hosting? Jika anda sering membaca blog di idwebhost.com, pasti sering sekali menemukan kata hosting ini. Mungkin ada sebahagian dari anda yang masih bingung sebenarnya apa itu hosting? Apa perbedaan hosting dan domain? Oleh karena itu, di artikel ini saya akan menjelaskan tentang apa itu hosting.

Apa Itu Hosting?

Penjelasan mengenai hosting

Web Hosting atau yang lebih sering disebut hosting adalah sebuah tempat penyewaan untuk sebagai tempat menampung dan menyimpan berbagai jenis file seperti gambar, audio, video dan semacamnya yang diperlukan suatu website dan bisa diakses lewat internet. Hosting bisa digunakan oleh berbagai kalangan seperti perorangan atau individu, kelompok, organisasi hingga perusahaan besar.

Hosting sangat penting keberadaan nya bagi sebuah website, selain itu hosting juga tidak bisa lepas dan sangat lekat dengan domain. Saat anda menggunakan internet untuk mengunjungi suatu website, yang anda lakukan pertama kali pada browser adalah memasukan nama domain atau kata kunci tertentu pada search box di Google.

Setelah itu komputer anda akan terhubung ke server dan halaman website akan dikirimkan dan ditampilkan melalui browser, contohnya adalah seperti halaman yang sedang anda baca saat ini. Oleh karena itu ketika anda ingin memiliki website, domain dan hosting adalah hal utama yang harus anda beli.

Karena hosting dan domain sangat identik satu sama lain, mungkin seringkali sulit bagi Anda untuk membedakan definisi dan arti dari kedua kata ini. Jadi sebenarnya apa sih perbedaan hosting dan domain itu? Well, untuk memperjelas perbedaan kedua hal ini, kami akan memberikan penjelasan lebih lanjut agar lebih mudah dipahami

1. Hosting

Hosting
Apa itu Hosting? Hal ini bisa diartikan secara singkat dan mudah sebagai tempat penyimpanan. Hosting bisa diibaratkan sebagai sebuah apartemen yang disewakan dengan berbagai ukuran luas dan lebar tertentu dan setiap bangunan apartemen pasti memiliki ukuran yang berbeda contohnya antara apartemen A dan apartemen B.

Begitu pula dengan hosting, setiap layanan akan menyediakan space atau tempat penyimpanan dengan size yang berbeda. Misalnya, ada hosting dengan size 1 GB (Giga Byte) atau ada pula hosting yang menyediakan space penyimpanan besar seperti 1 TB (Terra Byte). Tergantung pilihan anda sebagai pemilik website, misalnya paket hosting murah yang tersedia di idwebhost.com sangat direkomendasikan bagi anda.

2. Domain 

Setelah membaca apa itu hosting, apakah anda sudah terbayang perbedaan 2 kata ini? Well, jika belum terbayang secara jelas berikut penjelasan singkat tentang domain.

Domain adalah nama dari website yang anda miliki atau sebuah alamat yang dapat diakses oleh pengguna melalui internet. Nama domain memiliki kegunaan untuk menemukan komputer di internet. Setiap komputer memiliki nomor atau alamat yang berbeda, atau yang kerap disebut dengan alamat IP (Internet Protocol). Contoh alamat IP adalah sebagai berikut : 74.155.210.122.

Namun pengguna internet pastinya akan kesulitan untuk mengingat alamat IP yang terdiri dari kombinasi angka seperti itu. Jadi, dibuatlah nama domain yang akan lebih mudah diingat seperti sekarang. Sehingga, ketika anda ingin mengakses suatu website, anda hanya perlu mengingat nama domainnya. Contoh nama domain idwebhost.com adalah idwebhost.

Nama domain terdiri dari kombinasi angka dan huruf dengan berbagai ekstensi berbeda seperti .com, .co.id, .net, org, biz dan ekstensi lainnya.


Setiap website mempunyai nama domain yang berbeda dan setiap domain tersebut harus didaftarkan terlebih dahulu agar website bisa diakses oleh pengunjung atau pengguna. Bagi anda yang sedang membutuhkan domain, idwebhost menyediakan berbagai pilihan domain murah yang bisa anda pilih untuk menyesuaikan dengan kebutuhan bisnis anda.

Hosting Jenis Apa Yang Sesuai Dengan Bisnis Anda?

Hosting memang suatu hal yang sangat penting bagi anda yang ingin membangun bisnis secara online melalui website. Namun jangan teburu-buru untuk membeli hosting secara asal. Karena hosting sangat mempengaruhi bisnis anda

Saat ini terdapat berbagai jenis layanan hosting yang bisa anda gunakan untuk menyimpan data website. Tapi sebelum anda menggunakan atau membeli hosting tersebut, pastikan anda sudah memahami tentang hosting dengan jenis seperti apa yang cocok dan website anda butuhkan.

Kebutuhan seperti apa yang dimaksud disini? kebutuhan yang kami maksud adalah misalnya kebutuhan website anda seperti bisnis, dana dan fitur yang disediakan oleh layanan hosting tertentu.
Shared hosting

Salah satu jenis hosting yang cukup populer dan sangat ramah untuk digunakan adalah Shared Hosting.

Apa itu shared hosting? Shared hosting adalah jenis hosting yang bisa digunakan secara bersama-sama oleh banyak pengguna melalui satu server yang sama. Di masa kini, jenis hosting seperti cukup banyak bisa kita temukan.

Salah satu alasan utama mengapa shared hosting sangat populer di kalangan pengguna internet adalah karena harga jenis hosting ini yang terbilang cukup murah dibandingkan jenis hosting lainnya.

Selain memiliki harga yang relatif cukup marah, shared hosting juga memiliki beberapa keunggulan lain seperti berikut:
  • Terdapat berbagai jenis paket berbeda berdasarkan resource yang disediakan, sehingga jika website anda melebihi limit yang telah ditetapkan sebelumnya, anda bisa melakukan upgrade ke paket yang lebih tinggi.
  • Mayoritas sejumlah layanan sudah menyediakan kontrol panel seperti cPanel, jadi akan sangat memudahkan bagi anda untuk mengelola website.
  • Anda tidak perlu repot atau pusing untuk melakukan maintenance pada server, karena akan diurus secara langsung oleh layanan hosting.

Namun shared hosting juga memiliki kelemahan.

Ya, kelemahannya adalah memiliki batasan dalam hal resource serta fitur yang didapatkan seperti batasan dalam penggunaan besar jumlah penyimpanan, bandwidth yang disediakan, atau berbagai fitur atau resource lainnya. Hal ini terjadi karena sesuai namanya, shared hosting digunakan secara bersama oleh beberapa pengguna sehingga setiap resource dan fitur dari hosting jenis ini juga digunakan berbarengan dan dibagi secara rata dengan pengguna lain.
Shared hosting
Selain keterbatasan dalam penggunaan resource, shared hosting juga memiliki waktu loading page atau website yang cukup lambat dibandingkan bila menggunakan dedicated hosting.

Namun tenang saja, hal ini dapat diatasi secara mudah dengan menggunakan cloudfare. Apa sih itu cloudfare? 
Cloud hosting - cloudflare
CloudFlare adalah jaringan pengiriman konten yang bertindak sebagai proxy antara website dan visitor, jadi jika anda sukses melakukan setting cloudfare loading di website anda yang menggunakan shared hosting akan teratasi.

Kesimpulan Mengenai Apa Itu Hosting

Itu dia beberapa penjelasan mendalam tentang apa itu hosting.

Dapat disimpulkan bahwa hosting adalah layanan berbasis internet yang menyediakan sumber daya atau resource untuk disewakan sebagai tempat menyimpan data atau dapat diibaratkan hosting adalah sebuah rumah yang disewakan dengan ukuran tertentu dan dengan ukuran yang berbeda.

Advertisement

Rahsia Shopee

Post a Comment

2 Comments

  1. dulu2 tak faham hosting, now dah faham ... tq share info ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh. Terima kasih ya sbb sudi baca info ni. Moga ramai ambil manfaat sbb pengetahuan macam ni penting untuk elak kena tipu

      Delete

Komen adalah tanggungjawab anda. Sebarang komen yang ditingalkan tertakluk pada Akta 588 SKMM. Komen dengan nada ilmiah, dan lakukan dengan niat yang murni. Untuk pengiklanan, boleh gunakan borang 'hubungi saya' atau looket.me/hasrulhassan.